Jasa Pengiriman Barang: Utamakan Kepuasan Konsumen

 

Bidang jasa merupakan bidang yang menawarkan pelayanan yang mementingkan membantu konsumen dalam berbagai hal. Dalam bidang jasa, kepuasan konsumen menjadi prioritas. Berbagai kemudahan ditawarkan dalam bidang jasa.


Bidang jasa merupakan bidang yang tak akan pernah mengalami kebangkrutan atau pailit meski dalam kondisi sulit sebab setiap orang sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam menuntaskan atau menyelesaikan berbagai hal. Jasa pengiriman merupakan salah satu bidang jasa.


Jasa Pengiriman


Jasa pengiriman sangat membantu mengirimkan benda kepada seseorang. Entah jaraknya memang sangat jauh, entah tidak begitu jauh, yang pasti jasa pengiriman memiliki andil dalam sampainya benda yang dikirim kepada yang dituju atau yang dimaksud.


Banyak orang menggunakan jasa pengiriman karena jaraknya yang jauh. Selain itu, juga disebabkan kecepatan waktu saat pengiriman. Semakin cepat benda sampai pada yang dituju, semakin banyak pelanggannya.


Namun bukan berarti yang menjadi prioritas hanyalah masalah kecepatan waktu sampai saja. Masalah keamanan benda atau barang yang dikirim pun menjadi prioritas, malah menjadi prioritas utama. Kecepatan waktu kirim tidak akan menjadi apa-apa jika barang yang kita percayakan untuk dikirim ternyata mengalami kerusakan atau bahkan hilang.


Pelopor Jasa Pengiriman


Jasa pengiriman memang dimotori oleh PT Pos Indonesia, yang ketika itu menjadi andalan dalam pengiriman berupa surat dan wesel. Saking pentingnya ketepatan pengiriman surat dan wesel, di sekolah pun disajikan materi mengenai tahapan pengisian wesel dan pengambilannya. Begitu pun dengan surat, dijelaskan bagaimana proses pengiriman surat.


Di kantor pos pun dipajang alur pelayanan dan pengiriman surat dan wesel. Terlebih lagi pada saat-saat tertentu seperti musim liburan, hari raya, dan tahun baru, kantor pos kerap dipadati oleh pengunjung yang ingin mengirim surat. Kebutuhan perangko menaik tajam. Mereka saling berkirim surat atau paket barang kepada kerabat atau teman yang berada di luar kota.


Pengiriman Ekspres


Kejadian seperti itu sekarang ini hanya ditemui pada saat hari raya saja sebab saat musim libur tiba atau tahun baru tiba, mayoritas sudah tidak menggunakan jasa pengiriman. Terlebih lagi untuk pengiriman surat. Sebab sudah ada benda elektronik yang dinilai lebih praktis, cepat, dan murah yakni telepon genggam.


Adanya benda elektronik ini memang membuat PT Pos Indonesia mengalami penurunan keuntungan. Terlebih dengan maraknya jasa pengiriman sejenis yang menawarkan jasa pengiriman lebih cepat dari biasanya. Sebut saja 4848, DHL, TIKI, JNE, atau travel-travel yang juga menawarkan jasa pengirimkan barang.


Saat ini, jasa pengiriman barang sudah semakin marak di berbagai kota. Mereka menawarkan kemudahan lain. Misalnya dari segi bungkusan paket, tidak perlu dibungkus memakai kertas berwarna cokelat. Asalkan barang yang dikirim sudah terbungkus baik, maka pengiriman pun bisa segera dilakukan.


Belum lagi tawaran waktu kirim yang lebih cepat yang bisa ditempuh dalam hitungan jam. Memang, semua jasa pengiriman barang oleh perusahaan jasa pengiriman mana pun akan dihitung per kilogram. Harga per kilogram tergantung jarak lokasi yang dituju. Biasanya jasa pengiriman menghindari pengiriman barang-barang berharga. Namun, ada juga beberapa jasa pengiriman yang bersedia melayani pengiriman barang-barang berharga.


Mengutamakan Kepuasan Konsumen


Bagi jasa pengiriman, kepuasan konsumen menjadi penting. Mereka betul-betul menjaga layanan kirim mereka. Misalnya saja untuk barang yang dikategorikan dokumen, akan dibungkus dengan plastik agar tidak basah. Juga tidak akan ditumpuk dengan barang nondokumen sebab khawatir menjadi rusak.


Jika barang yang dikirim merupakan dokumen berharga seperti sertifikat, biasanya dikenakan biaya asuransi. Hal tersebut ditetapkan untuk menghindari kemungkinan dokumen berharga tersebut hilang atau rusak.


Jasa pengiriman memang memudahkan kita dalam mengirimkan barang kepada seseorang dengan berbagai jaminan. Namun tetap, kewaspadaan mestilah diprioritaskan. Memilih jasa pengiriman yang telah terbukti memiliki pelayanan baik, aman, dan memuaskan menjadi jaminan utama dalam pengiriman barang.


View the original article here

 
© 2009 Anne Ahira Artikel | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan